Blogger templates

Pages

Labels

Jumat, 18 Oktober 2013

Beberapa manfaat dari musik metal dan underground


Beberapa manfaat dari musik metal dan underground           

Musik, yahh siapa sih yang tidak kenal dengan kata itu. Musik sudah sangat akrab di telinga kita sehari hari, di manapun kita berada kita pasti akan menemui hal hal yang berbau musik, seperti konser musik ataupun acara acara yang berhubungan dengan musik. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas sedikit mengenai musik metal atau lebih di kenal dengan musik underground. Sebagian dari kita menganggap bahwa musik metal, musik berisik atau apalah itu dianggap musik yang tidak memiliki arti atau makna, musik metal maupun underground tersebut hanya di pandang sebelah mata oleh masyarakat pada umumnya. 


Di samping itu, pemahaman pemahaman masyarakat yang kurang, khususnya pada musik musik yang tidak mainstream seperti music metal, menjadikan musik bergenre tersebut kurang di pandang sebagai musik yang menarik, sebab masyarakat sudah lebih dulu terpengaruh oleh opini opini salah mengenai musik metal. Padahal jika kita tahu dan mau memahami lebih mendalam mengenai musik metal atau underground kita akan mendapat suatu pemahan baru mengenai musik musik yang berkualitas, tidak hanya yang mengandalkan lirik lirik yang indah tetapi music metal memberikan suatu nuansa baru bagi pemahaman music yang sudah ada di sekitr masyarakat. Berikut ini akan saya jelaskan beberapa manfaat music metal bagi kehidupan kita sob……
·        Musik metal mendorong kita untuk berfikir kritis terhadap kondisi sosial kita
Jika kalian mengamati music metal, yang terlintas dalam benak kalian adalah music yang gak jelas, aneh bahkan tidak bisa di dengarkan ( bagi beberapa pihak). Padahal jika kita memahami dengan mendalam mengenai musi music metal maka kita akan menjumpai lirik lirik yang sangat kritis menyoroti kondisi social yang ada di sekitar kita dengan  kata kata yang mendalam. Misal saja jika kita membaca lirik lagu laid to rest milik lamb of god, atau kita membaca lirik lirik lagunya as I lay dying atau burgerkill….pasti kita akan menjumpai lirik lirik indah yang kita tidak sangka jika kita mendengar lagu lagu mereka yang syarat akan scream atau growling vocal,,,

·       Music metal mengingatkan kita kepada kekuasaan tuhan dan mengingatkan kita pada kematian.
Kalalu kalian kerap menganggap bahwa music metal adalah music setan, atau syarat akan pemujaan setan itu mungkin sedikit keliru. Memang, ketika kita belajar mengenai music metal atau music underground, kita tidak hanya memepelajari bagaimana membuat atau memepelajari teknik teknik yang digunakan dalam music metal. Lebih dari itu, kita juga akan mempelajari bagaimana sejarah munculnya music metal. Di samping itu adanya ungkapan bahwa music metal adalah music setan, sedikit keliru, justru sebaliknya bahwa music music metal mengingatkan kita pada kuasa tuhan serta adanya hasutan setan yang terkutuk. Selain itu, lagu lagu metal tersebut juga menjelaskan bahwa pada saat ini manusia sudah menyimpang dan tidak lagi menyembah tuhan mereka yang sebenarnya, melainkan mereka sudah membuat tuhan ( berhala) sendiri untuk mereka puja, seperti yang kita temui pada lirik lirik lagu forgotten “ tuhan telah mati” atau lagunya beside “ aku adalah tuhan”. Memang, music metal adalah music gelap, tetapi, bukan berarti orang orang yang berkecimpung di dunia metal adalah pemuja setan semua. Dan jika pada music music metal terdapat banyak sekali symbol symbol setan seperti pentagram atau salib di balik itu hanya merupakan property atau pelengkap saja bagi music mereka agar terkesan garang dan seram.

·       Music metal sebagai pemberontakan
jika kita mendengarkan sekilas lagu lagu metal kita akan menemui lirik lirik lagu yang sangat mendalam maknanya. Memang para musisi musisi metal tidak hanya menunjukkan totalitasnya dalam bermain music akan tetapi mereka juga mengemas lirik lirik mereka dengan sentuhan sentuhan kata kata yang tidak mendalam. Tidak seperti lagu lagu lain seperti pop yang hanya mengagung agungkan cinta, seakan akan menjadikan cinta adalah tuhan mereka. Band band metal baik Indonesia maupun luar negeri mayoritas mengusung tema mengenai kritik sosial yang tidak banyak di litik oleh genre genre music lainnya.

·        Musik metal mengajarkan kita bagaimana agar kita lebih survive dalam hidup ini.
Ya betul sekali, ketika kita mendengar alunan distorsi distorsi metal, hati dan perasaan kita seakan akan kembali bersemangat setelah kita mengalami kesedihan atau kekecewaan. Nah, ternyata kerasnya music metal juga mengajarkan kita, bahwa hisup ini tidak segampang yang kita kira, hidup yang kita jalani adalah suatu proses yang penuh dengan rintangan dan hambatan, oleh karena itu, music metal bisa di katakana sebagai motivator yang paing mudah agar kita segera dapat kembali bangkit, ketika kita terjatuh, dan menjadikan kita sebagai individu yang keras, keras dalam arti survive dalam menghadapi kerasnya dunia.




·       Music metal mengajarkan kita bagaimana cara bermusik yang baik dan berkualitas

Jika kita bertanya apakah musi di dunia ini yang sulit untuk di pelajari, maka setiap professional akan mengatakan bahwa jazz dan metal adalah yang tersulit. So, masihkah kita berpendapat bahwa music metal adalah music yang asal asalan atau tidak bermutu?.
  

0 komentar:

Posting Komentar