C. H Cooley lahir 17 Agustus 1864,
di Michigan, Amerika Serikat, dia adalah anak seorang ahli hukum terkenal yaitu
Thomas M. Cooley. Pada mulanya dia belajar teknik mesin elektro, kemudian dia
juga belajar ekonomi. Setelah lulus akademis dia bekerja di pemerintahan
seperti di departemen komisi pengawas, kemudian juga di kantor sensus. Pada
tahun 1892 dia menjadi dosen
ilmu ekonomi, politik, serta sosiologi di
universitas Michigan. Pemikiran Cooley banyak dipengaruhi oleh George Herbert
Mead dan Sigmund Fruedy.
Cooley lulus dari University of
Michigan pada tahun 1887, dan dilanjutkan dengan pelatihan satu tahun di teknik
mesin di sekolah yang sama. Pada 1888, ia kembali untuk gelar Master di bidang
ekonomi politik, dengan minor dalam sosiologi. Ia mulai mengajar ekonomi dan
sosiologi di Universitas pada musim gugur 1892. Cooley melanjutkan untuk
menerima gelar PhD pada tahun 1894. Tesis doktornya adalah Teori Perhubungan di
bidang ekonomi. Dia mulai mengajar sosiologi pada tahun akademik 1894-95.
Pernikahan Cooley pada tahun 1890
untuk Elsie Jones, putri seorang profesor kedokteran di University of Michigan,
memungkinkan dia untuk berkonsentrasi penuh pada karya ilmiah dan kehidupan
kontemplatif yang berharga di atas semua. Seorang wanita yang sangat
dibudidayakan, Mrs Cooley berbeda dari suaminya yang dia keluar, energik, dan
karenanya mampu memesan umum kehidupan mereka sedemikian rupa sehingga biasa
tidak peduli untuk berat badan sangat berat pada suaminya. Pasangan ini
memiliki tiga anak, anak laki-laki dan dua anak perempuan, dan hidup dengan
tenang dan cukup ditarik di dekat rumah ke kampus. Anak-anak menjabat Cooley
sebagai semacam laboratorium dalam negeri untuk belajar dari asal-usul dan pertumbuhan
diri. Oleh karena itu, bahkan ketika ia tidak terlibat dalam pengamatan dari
diri sendiri tapi berharap untuk mengamati orang lain, dia tidak perlu
meninggalkan lingkaran domestik.
Hubungan Cooley dengan aliran
Chicago menarik karena dia menghabiskan kariernya di universitas Michigan. Akan
tetapi, prespektif teoritis Cooley sejalan dengan teori interaksionisme
simbolik yang menjadi produk paling penting aliran Chicago (Jacobs, 2006;
Sandstorm dan Kleinman, 2005; Schubert, 2005, 2007)
Cooley terkenal karena ketidaksenangannya pada
perpecahan dalam komunitas sosiologis atas metodologi. Ia lebih suka
pendekatan, empiris observasional. Sementara ia menghargai penggunaan
statistik, ia lebih suka studi kasus: sering menggunakan anak-anaknya sendiri
sebagai subyek pengamatan nya.
Teori Cooley yang diwujudkan dalam
tanggapan terhadap kebutuhan yang tiga kali lipat yang telah dikembangkan dalam
kalangan masyarakat. Yang pertama adalah kebutuhan untuk menciptakan sebuah
pemahaman masyarakat fenomena yang disorot proses mental subjektif dari
individu belum sadar bahwa proses ini subyektif adalah efek dan penyebab proses
masyarakat. Kebutuhan kedua meneliti perkembangan konsep dinamika sosial yang
digambarkan menyatakan kekacauan sebagai kejadian alam yang dapat memberikan
kesempatan untuk "inovasi adaptif." Akhirnya, kebutuhan nyata publics
yang mampu mengerahkan beberapa bentuk "informasi kontrol moral" atas
masalah saat ini dan arah masa depan.
Konsep "looking glass self" tidak diragukan lagi yang paling terkenal,
dan dikenal dan diterima oleh kebanyakan psikolog dan sosiolog hari. Ini
memperluas gagasan William James diri untuk memasukkan kapasitas refleksi
terhadap perilaku sendiri. Pandangan orang lain membangun, mengubah dan
mempertahankan citra diri kita, dengan demikian, ada interaksi antara bagaimana
kita melihat diri kita sendiri dan bagaimana orang lain melihat kita. Menurut
Cooley (1902), di Alam Manusia kerja dan Orde Sosial, nya "looking glass self" melibatkan tiga
langkah.
Ide semacam ini tampaknya memiliki
tiga unsur utama: imajinasi penampilan kita kepada orang lain, imajinasi
penilaiannya dari penampilan itu, dan semacam perasaan diri, seperti kebanggaan
atau malu.
Berikut
gambaran Cooley tentang looking-glass self:
“Each
to each a looking-glass
Reflects
the other that doth pass”
(Teori
Kosiologi Klasik dan Modern, Johnson, Doyle Paul. Hal 28)
Individu dan masyarakat saling
melengkapi,di mana individu hanya akan menemukan bentuknya di dalam masyarakat.
Di dalam karyanya Social Organization dia mengambangkan konsep kelompok utama
(primary group), yang ditandai dengan hubungan antar pribadi yang dekat sekali.
Dalam kelompok-kelompok tadi perasaan manusia akan dapat berkembang dengan
leluasa.
Primary Group atau kelompok primer
meruakan kelompok yang ditandai adanya saling mengenal antara anggota –
anggotanya, adanya kerja sama yang erat dan bersifat pribadi, interaksi
berlangsung secara tatap muka, anggotanya berjumlah sedikit yang berdekatan
secara fisik.
(Teori
Sosiologi, Ritzer, George. Hal 341)
Baik Cooley (Winterer, 1994) maupun
Mead menolak pandangan behavioristik atas
manusia, pandangan bahwa orang secara buta dan tidak sadar member respons pada
rangsangan luar. Mereka percaya bahwa orang orang mempunyai kesadaran, suatu
diri, dan tanggung jawab sosiologilah mempelajari aspek realitas sosial
tersebut. Cooley mendesak para sosiologi agar mencoba menempatkan diri di
tempat para actor yang sedang mereka pelajari, menggunakan metode introspeksi simpatik, untuk menganalisis
kesadaran. Dengan menganalisis apa yang dapat mereka lakukan sebagai para akto
di dalam berbagai keadaan, para sosiolog dapat memahami makna dan motif yang
melandasi prilaku sosial. Metode introspeksi simpatik bagi banyak orang tampak
sangan tidak ilmiah.
(Teori
Sosiologi, Ritzer, George. Hal 342-343)
Kesimpulan :
·
Mengembangkan konsepsi mengenai hubungan
timbalbalik dan hubungan yang tidak terpisahkan antara individu dengan
masyarakat.
·
Teorinya mengidamkan kehidupan bersama,
rukun dan damai sebagaimana dijumpai pada masyarakatmasyarakat yang masih
bersahaja.
·
Prihatin melihat masyarakat-kasyarakat
modern yang telah goyah norma-normanya, sehingga masyarakat bersahaja merupakan
bentuk ideal yang terlalu berlebih-lebihankesempurnaannya.
Daftar
Pustaka
·
Johnson, Doyle Paul. 1986. Teori Sosiologi Klasik dan Modern. PT.
Gramedia : Jakarta
·
Ritzer, Georgr. 2012. Teori sosiologi dari Sosiologi Klasik Sampai
Perkembangan Terakhir Poatmodern. Pustaka Pelajar: Yogyakarta
0 komentar:
Posting Komentar