Blogger templates

Pages

Labels

Sabtu, 12 April 2014

Definisi Metodologi




Metode, sering kali kita menjumpai kata tersebut dalam berbagai hal, maupun dalam berbagai kesempatan. Dalam kehidupan sehari hari metode juga tidak lepas dari kehidupan kita sebagai manusia. Pada dasarnya, metode merupakan salah satu kegiatan dasar manusia dalam menjalankan aktifitasnya di manapun mereka berada, metode pulalah yang mendorong manusia untuk mengetahui apa saja yang mereka inginkan termasuk hal hal yang belum mereka ketahui bahkan hal hal yang belum mereka percayai. 


Lalu dari sini kemudian timbul pertanyaan, apa sebenarnya metode itu dan bagaimana metode itu selalu berada dalam kehidupan kita. Pada dasarnya metode memiliki arti yaitu cara, tindakan ataupun aturan. akan tetapi, metode ini berbeda sekali dalam pengetian sebagai nilai ataupun norma yang harus ditaati oleh masyarakat, meskipun begitu, metode merupakan tindakan dasar dalam perilaku madusia dalam melakukan berbagai hal. Metode memiliki arti lain yaitu, sebagai sebuah prosedur atau atau cara mengetahui sesuatu, yang memilili langkah langkah sistematis dalam pelaksanaanya.

Dalam ilmu pengetahuan metode digunakan sebagai alat untuk menguji dan membenarkan ilmu pengetahuan tersebut secara jelas denan menggunakan cara berpikir rasional. Metode juga dapat diartikan sebagai serangkaian tindakan yang kita lakukan dalam menyikapi apa yang sebenarnya kita hadapi maupun apa yang sebenarnya kita ingin kita ketahui. Dengan kata lain metode merupakan sebuah cara yang dipergunakan untuk mencapai tujuan tertentu. Metode muncul pada  manusia ketika kita ingin melakukan suatu hal, dengan maksud metode tersebut bertujuan agar tindakan yang kita lakukan benar. Dalam perkembangannya, munculnya metode tak lepas dari lmu pengetahuan.  

Pengalaman manusia juga berperan dalam munculnya metode, dalam kesehariannya manusia tidak lepas dari masalah yang selalu mereka hadapi, di manapun mereka berada, baik masalah itu kecil maupun besar. Dlam menyelesaikan maslahnya, manusia selalu berpikir dan mencari untuk menyelesaikan masalahnya tersebut agar mereka tahu apa sebenarnya yang membuat masalah tersebut muncul pada kehidupan manusia. Oleh karena itu, kemudian manusia kembali kepada pengalaman pengalaman mereka sebelumnya untuk mengetahui apa sebab munculnya masalah tersebut. 

Dengan mengetahui penyebab masalah tersebut, manusia kemudian menyimpulkan bahwa, masalah tersebut dapat muncul akibat tindakan yang mereka lakukan tersebut, tidak mereka lakukan secara benar. Kemudian dengan berpikir secara rasional, mereka menysun serangakaian tindakan, cara ataupun aturan dalam melakukan suatu hal agar kegiatan tersebut tidak menuai masalah kembali. Dengan hal itu maka jelas, bahwa metode berguna sekali saat manusia ingin melakukan suatu hal yang belum pernah mereka lakukan. Dengan metode pula, manusia akan tahu apa yang sebaiknya mereka lakukan terhadap apa yang sedang mereka hadapi, agar tindakan tersebut terwujud sesuai dengan apa yang mereka harapkan.

Dalam perkembangannya, metode istilah metode banyak digunakan dalam berbagai hal khusunya dalam hal penelitian dan ilmu pengetahuan. Hal ini menunjukkan bahwa metode erat kaitannya dengan ilmu pengetahuan.

0 komentar:

Posting Komentar